Dinas Kebudayaan Kepri Bersama ISM Gelar Festival Marawis Kepri 2019

Tanjungpinang, GK.com – Guna memperingati Hari Santri Nasional 2019 dan Maulid Nabi Muhammad 1441 H, Dinas Kebudayaan Provinsi Kepulauan Riau bersama Ikatan Seni Marawis Kepulauan Riau menggelar kegiatan Fetival Seni Marawis, yang berlangsung di Halaman Mall Ramayana Kota Tanjungpinang, Sabtu (9/11) sekitar pukul 09.00 Wib.

Kegiatan Festival Seni Marawis yang dilaksanakan selama dua hari itu, diikuti oleh 45 grup yang terdiri dari 3 cabang lomba dari tingkat SMP, SMA dan umum. Pada kegiatan itu, puluhan grup menampilkan penampilan terbaiknya dengan penuh semangat, sembari melantunkan musik religi yang bertujuan untuk melembutkan hati semua penonton.

Dalam acara tersebut, Panitia Pelaksana, Ramdhan Kholili menyampaikan bahwa, selain peringatan hari besar, acara ini juga dimaksudkan untuk mengasah kreatifitas para pemuda saat ini.

“Tujuan diadakannya kegiatan ini adalah untuk merangkul generasi muda islam, tentunya untuk anak-anak muda di Kota Tanjungpinang agar dapat lebih mencintai seni budaya Islam seperti ini,” ujarnya.

Dikatakan Ramdhan, kegiatan ini selalu digelar setiap Tahunnya, dikarenakan Ikatan Seni Marawis Kepri sudah memiliki ikatan yang baik bersama Dinas Kebudayaan Kepri dan pihak swasta yang selalu mendukung pelaksanaan acara tersebut.

“Yang pastinya setiap Tahun Insyaallah kita gelar selalu kegiatan ini, pihak Pemerintah bahkan swasta sekalipun selalu mensupport kami dalam mengadakan kegiatan ini, karena kegiatan ini juga dimaksudkan untuk memajukan seni di Kepri,” tuturnya.

“Mudah-mudahan kegiatan ini dapat bermanfaat bagi generasi muda, serta diharapkan kedepannya dapat bermunculan para seniman yang berkualitas, demi mengembangkan seni di Kepri ini. Dan semoga seni islami tidak akan hilang selamanya,” harap Ramdhan.

Pada kesempatan yang sama, Asisten 1 Pemerintah Provinsi Kepri, Raja Ariza mengajak kepada semua stakeholder untuk mengembangkan selalu nilai-nilai seni marawisdi di Kepri, agar dapat melahirkan generasi muda yang berkualitas.

“Kesenian yang seperti ini haruslah kita kembangkan, Pemerintah juga selalu mendorong untuk hal yang akan membuat Kepri lebih maju, semoga Tahun selanjutnya kegiatan baik seperti ini dapat terlaksana kembali”. kata Raja Ariza.

Mengakhiri sambutannya, Raja Ariza mengajak masyarakat Kepri untuk mewarnai Kepri dengan seni-seni islam. (MI).

Editor : Milla

Berbagi berita