Inovasi Dan Kreatifitas SMPN 30 Batam Menuju Adiwiyata Nasional

Batam, GK.com – Meski termasuk salah satu Sekolah yang terletak di lokasi yang tidak persis berada di pertengahan Jalan besar di Kota Batam, namun semangat dalam menciptakan Sekolah Adiwiyata bagi Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 30 Batam tidaklah redup. Pasalnya, Sekolah ini berhasil masuk menjadi salah satu peserta Sekolah Adiwiyata tingkat Nasional.

Kepada Media ini, Kepala SMPN 30 Batam, Nyorita, S.Pd.,MM menuturkan kebanggaannya, bahwa Sekolah tersebut bisa masuk hingga tingkat Adiwiyata Nasional.

“Tentu hal ini merupakan suatu kebanggaan bagi kita semua, baik untuk para Guru, Siswa, maupun Sekolah, karena penilaian ini juga bukan sesuatu yang gampang, bisa masuk ke tingkat Provinsi saja kita sudah senang, apalagi hingga ke tingkat Nasional,” tuturnya, bangga.

Kepala SMPN 30 Batam, Nyorita, S.Pd.,MM

 

“Kami berharap prestasi Adiwiyata yang kami raih ini nantinya bisa lolos tingkat Nasional. Untuk itu, tentunya kami akan memaksimalkan semua peran yang ada di Sekolah ini agar dapat saling mendukung dan bekerja sama dengan baik, termasuk juga dukungan dari pada Orang Tua siswa,” katanya, Kamis (3/10) sekitar Pukul 10.00  Wib.

Dijelaskan Nyorita, menuju tingkat Nasional adalah merupakan hal baru bagi Sekolah ini, untuk itu, hal-hal baru juga akan kami tampilkan di SMPN 30 Batam  dalam berinovasi menunjang bagaimana Adiwiyata terbentuk di Sekolah ini.

“Kami meminta para peserta didik berinovasi dengan bahan-bahan yang dapat didaur ulang untuk bisa dijadikan keterampilan dalam menghasilkan karya yang bermanfaat, minimal untuk diri mereka sendiri, Sekolah, dan tidak menutup kemungkinan dapat dipasarkan nantinya,” harap Nyorita.

“Jiwa bertanggung jawab juga tentunya kami tanamkan kepada peserta didik kita disini, salah satunya dimulai dengan mengajarkan mereka agar dapat merawat apa yang sudah dijalankan, seperti halnya Literasi di pojok-pojok Kelas, Kolam ikan dengan air mancur, Green House, dan juga Perpustakaan di Ruang terbuka yang merupakan bagian dari inovasi dan kreativitas dari Siswa/Siswi,” ucapnya.

Selain inovasi yang ditekankan di SMPN 30 Batam ini, Nyorita juga membiasakan Siswa/Siswinya untuk senantiasa menjalankan hidup sehat, dengan memanfaatkan sayur-sayuran dari hasil Hidroponik yang ada di Sekolah ini, agar lebih terlihat jiwa Adiwiyatanya.

“Para Siswa/Siswi di sini dibiasakan untuk bertanggung jawab dalam merawat serta memasarkan hasil tanaman yang ada, baik apotik hidup maupun sayur-sayuran sehat,” imbuhnya.

Disampaikan Nyorita, meski sedang fokus kepada Adiwiyata menuju tingkat Nasional, dirinya tidak lupa menanamkan karakter-karakter baik untuk para peserta didiknya, seperti halnya kedisiplinan, kerja keras dalam belajar, mempunyai jiwa yang cinta akan lingkungan, kerjasama yang baik, dan juga bertingkah laku yang berdasarkan pada keagamaan masing-masing.

“Semua ini kita lakukan dengan tujuan agar apa yang telah kita rencanakan atau programkan bisa terlaksana dengan baik dan maksimal”. pungkasnya. (FL).

Editor : Milla

Berbagi berita