November Mendatang, Master Plan Smart City Akan Dipaparkan Tingkat Nasional

Tanjungpinang, GK.com – Wali Kota Tanjungpinang, H. Syahrul, S.Pd secara resmi menutup Bimbingan Teknis (Bimtek) Tahap IV Gerakan Menuju 100 Smart City yang di gelar oleh Dinas Kominfo Kota Tanjungpinang, Senin (30/9) di Aula Kantor Wali Kota, sekitar Pukul 09.30 Wib.

Pada Bimtek Gerakan Menuju 100 Smart City (Kota Pintar) yang di laksanakan selama dua hari itu, Wako Tanjungpinang, H. Syahrul mengajak kepada seluruh OPD, untuk saling bersinergi demi mewujudkan Kota Tanjungpinang menjadi Kota yang maju dan sejahtera.

Wali Kota Tanjungpinang, H. Syahrul, S.Pd saat memberikan sambutannya.

 

“Untuk mewujudkan keinginan kita dalam menjadikan Kota Tanjungpinang sebagai Kota yang Smart, marilah kita saling membantu dan bersinergi dalam membangun Kota yang kita cintai ini,” harap Syahrul.

Dijelaskan Syahrul, hasil dari diadakannya Bimtek selama tiga kali sebelumnya, telah menghasilkan poin-poin yang akan disampaikan dan di paparkan pada tim Smart City Nasional pada bulan November 2019 mendatang.

Selanjutnya, Syahrul juga mengatakan, secara garis besar, ada beberapa poin yang nantinya akan disampaikan, yaitu tentang Tanjungpinang sebagai Kota Pusaka, Investasi, Pariwisata Kota Tanjungpinang, serta administrasi dengan sistem online.

Para tamu undangan yang hadir.

 

“Terdapat sebanyak 6 program untuk menuju Smart City, namun kami hanya melaksanakan sesuai kemampuan terlebih dahulu, nantinya akan ada sistem bertahap dari Tahun pertama, kedua, ketiga, hingga sampailah Tanjungpinang ini menjadi maju,” ucap Syahrul.

“Saat ini kita sudah memiliki konsep dan Surat Keputusan (SK) terkait Kota Pusaka dan Budaya, nantinya informasi pengetahuan tentang Kota Pusaka itu akan dipublikasikan melalui online pada website yang ada, contohnya seperti Pulau Penyengat, apa yang ada disana, maka akan kami tampilkan di website,” tutur Syahrul.

Wali Kota Tanjungpinang, H. Syahrul, S.Pd

 

Diakui Syahrul, menuju Smart City tidaklah mudah, salah satunya haruslah ada pembenahan pada infrastruktur, karena menurutnya, untuk Kota Pusaka itu infrastrukturnya haruslah mumpuni.

“Terkait hal tersebut, kita juga akan bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi untuk mewujudkan Kota Pusaka itu, karena saat ini sudah ditetapkan akan ada Dana Alokasi Khusus (DAK) yang lebih untuk memperbaiki infrastruktur,” kata Syahrul.

Pembimbing Bimtek, Dr. Arya 

 

Salah satu pembimbing pada Bimtek Smart City, Dr. arya, dalam sambutannya mengatakan, Smart City tidak akan terealisasikan tanpa sinergi dari jajaran Pemko Tanjungpinang.

“Semoga apa yang sudah kita impikan akan segera menjadi kenyatan, khususnya dapat mengantarkan masyarakat Tanjungpinang untuk yang lebih baik lagi kedepannya”. pungkas Arya.

Turut hadir pada kesempatan itu, Forum Kordinasi Pemimpin Daerah (FKPD) dan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) se- Kota Tanjungpinang, para Pejabat Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) dan tamu undangan lainnya. (MI).

Editor : Milla

Berbagi berita