Syahrul Lepas Kontingen Gudep Unggul SDN 017 Bukit Bestari ke Tingkat Nasional

Tanjungpinang, GK.com – Wali Kota Tanjungpinang, H. Syahrul, S.Pd yang juga selaku Ketua Mabicab Tanjungpinang menghadiri syukuran dan pelepasan Gugus Depan (Gudep) yang digelar oleh Pramuka SDN 017 Bukit Bestari, Rabu (4/9) pagi.

Dalam pelepasan Gudep unggul pada festival penggalang ceria tingkat Nasional 2019 itu Syahrul berharap agar Kepramukaan sebagai pendidikan non formal memiliki tujuan yang searah dengan tujuan pendidikan nasional, bahkan dapat menjadi pelengkap bagi pendidikan nasional.

“Tujuan pendidikan nasional yang menitikberatkan pada aspek karakter melalui penguatan pendidikan karakter dapat didorong melalui pendidikan Kepramukaan berbasis gugus depan yang ada di Kota Tanjungpinang,” ujarnya.

“Dengan terpilihnya Gudep SD 017 Bukit Bestari sebagai perwakilan Provinsi Kepulauan Riau, untuk kedepannya ini juga akan menjadi motivasi bagi gugus-gugus lainnya, penggalang unggul terpilih yang ada di tingkat SD Kota Tanjungpinang tidak terlepas dari sinergitas dari Kepala Sekolah, Guru, dan Wali Murid, sehingga dalam pelaksanaannya dapat terkawal dan berjalan lancar,” ungkapnya.

Diakhir sambutannya, Syahrul juga berharap khususnya kepada Kepala Sekolah untuk selalu berkomitmen memasyarakatkan Pramuka.

“Semoga kedepannya Pramuka akan tetap terus hidup di Kota Tanjungpinang, mestinya kegiatan pramuka ini menjadi ekstrakurikuler wajib di setiap masing-masing sekolah,” harap Syahrul.

Semenatara itu, Kepala SD 017 yang juga merupakan sebagai Ketua Majelis Pembimbing Gugus (Kamabigus), Safaruddin S.Pd dalam laporan kegiatannya mengatakan, peserta Pramuka unggul penggalang ceria Tahun 2019 yang akan diberangkatkan terdiri dari penggalang putra 8 orang, penggalang putri 8 orang, kamabigus 1 orang, pembina 6 orang, perwakilan orang tua 2 orang, jumlah rombongan Kontingen yang berangkat berjumlah 25 orang. Adapun festival penggalang cerita Sekolah Dasar tingkat nasional 2019 ini di laksanakan pada 8-13 September 2019  bertempat di Grand Mulya Bogor Resort and Convention Hotel.

Pramuka Penggalang akan berkompetisi dalam rangkaian lomba keterampilan melalui Festival Penggalang Ceria yang terdiri dari Lomba Tata Laksana Perkemahan, Lomba Pionering Projek, Gapura Perkemahan, Lomba Hasta Karya, Sketsa Panorama, Kompas, Lomba Kemampuan Indera Manusia, Lomba Penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), Lomba Teknologi Tepat Guna, Lomba Sandi dan Isyarat, Lomba Membuat Poster, Lomba Kemampuan Ilmu Menaksir, Lomba Yel Ceria, Lomba Sirkuit Ketangkasan, Lomba Menulis Logbook, dan Kuis Sirkuit Ketangkasan.

Turut hadir dalam acara yang dilaksanakan di pangkalan SDN 017 Bukit Bestari Jl. Pramuka Tanjungpinang itu, Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Kota Tanjungpinang Hj Rahma, S.IP, Kadis Pendidikan Drs. H. Atmadinata, M.Pd, Camat Bukit Bestari Faisal Pahlevi, S.STP, Lurah Tanjung Ayun Sakti M. Septian, S.STP, para Wali Murid dan para undangan lainnya. (Hms/Red).

Editor : Milla

Berbagi berita