Wabup Bintan Resmikan Desa Toapaya Sebagai Desa Sadar Jaminan Sosial Ketenagakerjaan

Bintan, GK.com – Wakil Bupati Bintan, Drs. Dalmasri Syam resmi membuka Launching Desa Sadar Jaminan Sosial Ketenagakerjaan di Desa Toapaya yang dilaksanakan di Lapangan Sepak Bola Desa Toapaya,  Minggu (25/08) pagi.

Turut hadir juga dalam acara tersebut, Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Tanjungpinang Rini Suryani, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kabupaten Bintan Ronny Kartika, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Bintan, Kepala Desa Toapaya Mulyono, serta seluruh Aparatur dan masyarakat Desa Toapaya.

Dalam sambutanya Wakil Bupati Bintan Drs. Dalmasri Syam mengatakan bahwa,  “saya mewakili Pemerintah Kabupaten Bintan, mengajak seluruh elemen masyarakat desa untuk segera terdaftar dalam program BPJS Ketenagakerjaan, serta seluruh masyarakat pekerja se- Kabupaten Bintan agar nantinya dapat terlindungi oleh program BPJS Ketenagakerjaan,” ucapnya.

“Kalau bisa bukan hanya dari lembaga-lembaga saja yang terdaftar di BPJS Ketenagakerjaan,  tetapi seluruh elemen, baik itu dari Pemerintah maupun masyarakat. Karena hal ini sangatlah penting, agar kita mendapatkan perlindungan saat terjadi kecelakaan kerja,” ungkap Dalmasri

Kepala Desa Toapaya Mulyono pada kesempatan itu turut menyampaikan rasa bangga serta memberikan ucapan terimakasihnya atas terpilihnya Desa Toapaya sebagai Desa Sadar Jaminan Sosial Ketenagakerjaan.

“Kami merasa bangga, karena desa kami dapat terpilih mewakili desa-desa yang ada di Kabupaten Bintan sebagai Desa Sadar Jaminan Sosial Ketenagakerjaan,” ujar Mulyono.

Dijelaskan Mulyono, bahwa saat ini terdapat sekitar 450 pekerja yang ada di Desa Toapaya telah mendapatkan perlindungan Jaminan Sosial Ketenagakerjaan untuk program Jaminan Kecelakaan Kerja dan Jaminan Kematian.

“Melalui peresmian Desa Sadar Jaminan Sosial Ketenagakerjaan ini, kami memiliki inovasi dalam rangka memastikan pekerja rentan untuk terus mendapatkan perlindungan, yaitu dengan Inovasi Secanting Beras Untuk Pekerja Rentan, dan semoga desa kami dapat terpilih sebagai desa terbaik tingkat Nasional,” kata Mulyono.

Diwaktu yang sama, Kepala BPJS Ketenagakerjaan Rini Suryani menyampaikan bahwa, tujuan dari pembentukan Desa Sadar Jaminan Sosial ini adalah agar masyarakat desa mengenal lebih dekat program BPJS Ketenagakerjaan sehingga akan menumbuhkan kesadaran tentang pentingnya perlindungan Jaminan Sosial Ketenagakerjaan.

“Timbulnya kesadaran perangkat desa bagi kesejahteraan masyarakat pekerja di desa melalui program Jaminan Sosial Ketenagakerjaan, dan seluruh perangkat desa, yayasan, BUMDES, Tenaga Ahli, pendamping desa, pelaku ekonomi dan masyarakat pekerja yang berada di lingkungan Desa Toapaya ini menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan adalah merupakan hal yang sangat luar biasa,” tutur Rini.

Ditambahkan Rini,  tujuan dari semua ini adalah bagian dari mendukung visi Kabupaten Bintan,  yaitu terwujudnya Kabupaten Bintan yang madani dan sejahtera melalui pencapaian Bintan Gemilang 2025.

“Kami sangat berterimakasih kepada Pemerintah Kabupaten Bintan yang telah mensupport penuh program BPJS Ketenagakerjaan untuk masuk ke desa melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, sebagai inovasi kebijakan, maka seluruh Kepala Desa, aparatur desa dan BPD saat ini telah masuk menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan,” ucap Rini.

“Saat ini, kami juga sangat mengapresiasi inovasi desa dalam memberikan perlindungan pekerja rentan melalui program Satu Canting Beras Untuk Pekerja, dan semoga Desa Toapaya kedepannya dapat terpilih sebagai desa terbaik hingga ke tingkat Nasional”. tutup Rini. (Hms/KR).

Editor : Milla

Berbagi berita