PPDB SD Dan SMP Tahun 2019 Di Buka Pada Bulan Juli

Tanjungpinang, GK.com – Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tingkat Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) Tahun ajaran 2019/2020 akan dibuka pada Tanggal 1 s/d 6 Juli 2019 mendatang.

Hal ini disampaikan oleh Pelaksana Tugas (Plt) Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Tanjungpinang, Tamrin Dahlan saat di temui oleh Media ini di SMPN 4 Kota Tanjungpinang, Kamis (13/6) sekitar Pukul 10.00 Wib.

“PPDB akan dimulai pada tanggal 1 hingga 6 Juli mendatang, untuk Sekolah Menengah Pertama (SMP) wajib pendaftarannya dengan menggunakan Sistem Online. Sementara untuk tingkat SD bisa dengan cara mendatangi langsung pendaftarannya ke Sekolahan, dan bisa juga dengan menggunakan via Online, hal ini tentunya sudah di Sosialisasi kepada para Orang Tua maupun kepada para Kepala Sekolah baik tingkat SD maupun SMP,” ucap Tamrin.

“Pada pendaftaran tahun ini kita menggunakan sistem Online dengan menggunakan tiga jalur, yaitu yang pertama jalur Zonasi ada sebanyak 90%, jalur Prestasi 5% dan jalur perpindahan Orang Tua 5%,” terangnya.

Pada kesempatan itu, Tamrin Dahlan juga menyampaikan bahwa, jika nantinya pada saat pendaftaran Online dimulai ada kendala dari jaringan internet yang kurang memadai, maka pihak Sekolah nantinya akan menyediakan Operator serta Komputer untuk membantu bagi para Orang Tua dalam melakukan  pendaftaran tersebut.

“Pendaftaran PPDB secara Online untuk daerah tertentu, seperti Pulau Penyengat karena wilayahnya tidak begitu luas mungkin sedikit kita berikan dispensasi,” katanya.

Sementara itu, lanjut Tamrin menjelaskan, khusus Wilayah Tanjungpinang Timur dikarenakan masyarakatnya yang cukup padat, serta kapasitas Sekolah juga cukup terbatas, seperti SMPN 7, SMPN 12 dan SMPN 16, maka nantinya akan ada pergeseran bagi calon siswa dan siswa yang tidak bisa tertampung, untuk melakukan pendaftaran ke Sekolah Negeri lainnya yang ada di Kota Tanjungpinang.

“Bagi yang tinggal di wilayah sekitaran Batu 9, 10 dan 11, jika di SMPN 7 sudah penuh dan tidak dapat menampung lagi, maka buat calon siswa nantinya akan bergeser ke SMPN 12, dan begitu selanjutnya”. tutup Dahlan. (MI).

Editor : Milla

Berbagi berita