Pantau Arus Balik, Basarnas Tanjungpinang Sediakan Kapal RB 209

Tanjungpinang, GK.com – Dalam rangka memantau arus balik mudik lebaran yang melonjak, Basarnas Tanjungpinang mengoprasikan Kapal RB 209 di sekitar perairan Pelabuhan Sri Bintan Pura (SBP), Minggu (9/6) sekitar pukul 09.00 Wib.

Kepala Basarnas Tanjungpinang, Mu’min Maulana saat dijumpai oleh Media ini di Pelabuhan SBP menjelaskan, kegiatan ini dilakukan untuk memantau aktivitas arus balik yang sangat padat.

“Tim kita memantau dilapangan buat jaga-jaga jika terjadi kecelakaan atau hal-hal yang tidak diinginkan, maka dari itu, Tim Sar diturunkan untuk membantu Basarnas, guna mengoprasikan Kapal RB 209 di perairan Pelabuhan SPB ini,” ucapnya.

“Diperkirakan sampai saat ini, jumlah arus balik pemudik berkisar sekitar 6.000 hingga 7.000 pemudik, hal ini tentunlah sangat luar biasa,” ujar Mu’min.

“Dalam hal ini, kami dari Basarnas tentunya akan melakukan pendampingan pengamanan jika terjadinya kecelakaan dalam membantu korban,” terang Mu’min.

Mu’min juga menjelaskan, saat ini ada lebih kurang sekitar 10 Personil yang diturunkan, yang terdiri dari Polres Tanjungpinang, KSOP, dan Perlindo Tanjungpinang.

Dikatakan Mu’min, untuk titik siaga khusus Basarnas Tanjungpinang yakni berada di Pelabuhan SBP, Dermaga Pulau Penyengat, Pelabuhan ASDP Roro Dompak, Pelabuhan Punggur, Pelabuhan Tanjung Uban, Pelabuhan Batu Ampar, serta Pelabuhan Dabo.

Alhamdulilah, hingga sampai saat pemantauan hari ini, belum terjadi kecelakaan atau hal-hal yang tidak diinginkan, semoga saja arus balik ini berjalan lancar tanpa adanya hambatan, sesuai yang kita inginkan,” harap Mu’min.

Dikesempatan yang sama, Kapolsek Kawasan Pelabuhan (KKP), Kompol Zulkifli mengatakan akan melaksanakan pengamanan secara maksimal, guna mencegah terjadinya hal-hal yang kurang baik atau yang tidak diinginkan.

KKP Kompol Zulkifli menjelaskan, saat ini ada sebanyak 20 Personil gabungan yang terdiri dari Sabara Polres Tanjungpinang dan pasukan Patroli Engku Putri turut membantu dalam pengamanan arus balik itu.

Alhamdulilah, sampai saat ini pengamanan berjalan dengan lancar, tidak ada hal-hal yang mengganggu jalannya pemudik, baik pergi maupun balik,” ucap Zulkifli.

“Kita menghimbau, yang harus diperhtikan dalam arus balik ini bagi pemudik yang pertama bagi yang membawa anak-anak adalah para orang tua wajib memegang erat anak-anak mereka, jangan sampai nantinya terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, yang ke dua, kepada para pemudik yang menggunakan transportasi umum agar membeli tiket di konter-konter resmi yang ada di Pelabuhan ini, serta bagi para penumpang haruslah lebih super berhati-hati dengan orang yang tidak di kenal jika memberikan makanan maupun minum.” tutup Zulkfli. (MI)

Editor : Milla

Berbagi berita