Pawai Takbir 1440 Hijriah Kota Tanjungpinang Berlangsung Meriah

Tanjungpinang, GK.com – Dalam rangka menyambut Hari Raya Idul Fitri 1440 Hijriah, Pemerintah Kota Tanjungpinang bersama masyarakat melaksanakan Pawai Takbir mengelilingi Kota Tanjungpinang, Selasa (4/6), sekitar pukul 20.00 Wib.

Staf Ahli Bidang Ekonomi dan Pembangunan Kota Tanjungpinang, Drs. Marzul Hendri yang sekaligus sebagai Panitia Pelaksana dalam laporannya menjelaskan maksud dan tujuan dari terselenggaranya acara Pawai Takbir Idul Fitri 1440 Hijriah itu adalah untuk mempertebal keimanan dan ketakwaan.

“Takbir yang terus dikumandangkan saat ini merupakan sebuah kemenangan atas menundukkan hawa nafsu selama sebulan penuh kita menjalankan ibadah puasa pada Bulan Suci Ramadhan, hal ini juga sekaligus untuk menyambut datangnya Hari Raya Idul Fitri 1440 Hijriah,” kata Marzul.

“Selain untuk mempertebalkan keimanan dan ketakwaan, kegiatan ini juga untuk meningkatkan ukhuwah Islamiah dan silaturahim antara sesama muslim yang ada di Kota Tanjungpinang ini,” tambahnya.

Para Pejabat Pemko Tanjungpinang saat menyambut kedatangan Gubernur Kepri dan Wali Kota  Tanjungpinang

Dijelaskan Marzul, para peserta yang mengikuti Pawai Takbir ada sebanyak 115 peserta yang terdiri dari para Pemuda Masjid dan Mushola, Organisasi Kepemudaan Islam serta Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

“Adapun rute yang di lewati oleh para peserta Pawai Takbir adalah dimulai dari Terminal Sungai Carang melewati Pintu Gerbang Satu Bintan Center, lanjut ke Jalan D.I Panjaitan menuju ke Lapangan Pamedan Ahmad Yani, kemudian melewati Jalan Basuki Rahmat menuju ke Jalan Wiratno, Jalan Yos Sudarso, Jalan Usman Harun, lalu berakhir di Jalan Agus Salim,” terang Marzul.

Peserta Pawai Takbir 

Dalam kesempatan itu, Marzul Hendri mengatakan bahwa ada hadiah yang nantinya akan diberikan kepada para pemenang Pawai.

“Hadiah yang diberikan totalnya ada sebanyak 35 Juta Rupiah, dengan perincian untuk Juara I mendapatkan uang pembinaan sebesar 9 Juta Rupiah, Juara II mendapatkaan uang pembinaan sebesar 7 Juta Rupiah, Juara III mendapatkan uang pembinaan sebesar 4 Juta Rupiah, serta Juara Harapan I sampai X mendapatkan uang pembinaan sebesar 1,5 Juta Rupiah,” paparnya.

Gubernur Kepri, Dr. H. Nurdin Basirun, S.Sos, M.Si yang melakukan pelepasan Pawai tersebut mengatakan bahwa akan menjadikan Kota Tanjungpinang sebagai wilayah wisata yang bersifat Religi.

“Kita akan menjadikan Kota Tanjungpinang ini menjadi wilayah wisata Religi, yaitu dengan budaya keagamaan seperti Pawai Takbir ini, Insyaallah akan menjemput Ukhuwah Islamiah,” ucap Nurdin.

“Apa yang kita lakukan ini pasti akan membangun kebersamaan yang indah, serta kekompakan yang kita kenal dengan sebutan Ukhuwah Islamiah,” lanjut Nurdin.

“Dengan Ukhuwah Islamiah ini tentunya segala sesuatu dapat kita lakukan untuk bergandeng tangan serta bahu-membahu dalam membangun Provinsi Kepulauan Riau ini, khususnya Kota Tanjungpinang yang kita cintai,” imbuhnya.

Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tanjungpinang bersama jajaran Pejabat Pemko Tanjungpinang

Dalam kesempatan yang s,ama, Wali Kota Tanjungpinang, H. Syahrul, S.Pd mengatakan, Pemerintah Kota Tanjungpinang melaksanakan Pawai Takbir untuk menyambut hari kemenangan Hari Raya Idul Fitri.

“Mudah-mudahan di hari yang Fitri ini kita bisa merealisasikan hati dan pikiran kita hingga menjadi putih, suci dan bersih,” harap Syahrul.

Dikesempatan itu, Syahrul juga mengajak seluruh lapisan Masyarakat untuk menyambut hari kemenangan ini dengan penuh suka cita dan penuh kesederhanaan.

Foto bersama

“Kepada seluruh OPD, saya berharap Ramadhan ini membawa kesan yang baik, yaitu kesan untuk suatu perubahan yang akan di buat oleh masing-masing OPD nantinya.” tutup Syahrul (MI).

Editor :  Febri

Berbagi berita