Menuju MTQ Tingkat Provinsi, Syahrul Berharap Para Peserta Utusan Kota Tanjungpinang Matang Dalam Persiapan

Tanjungpinang, GK.com – Wali Kota Tanjungpinang, H. Syahrul, S.Pd resmi menutup Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke- XIII tingkat Kota Tanjungpinang, Selasa (9/4) malam, yang dilaksanakan di Terminal Sungai Carang.

Dalam kegiatan yang sudah dilaksanakan sejak tanggal 4 April yang lalu, Wali Kota Tanjungpinang, H. Syahrul, S.Pd mengucapkan terima kasih kepada seluruh panitia dan pihak-pihak yang telah terlibat dalam mensukseskan MTQ tingkat Kota Tanjungpinang itu.

Alhamdulillah hari ini MTQ ke- XIII tingkat Kota Tanjungpinang telah berakhir dan berjalan dengan lancar, saya ucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang ikut berpartisipasi, serta masyarakat Kota Tanjungpinang yang sangat antusias hadir untuk menyaksikan penutupan MTQ pada malam hari ini,” ucap Syahrul.

“Meriahnya pada kegiatan MTQ ini juga tentunya didukung oleh kegiatan lain didalamnya seperti semarak Pawai Ta’aruf pada acara pembukaan MTQ kemaren, serta ramainya masyarakat yang hadir pada saat acara MTQ berlangsung, mulai pembukaan, hingga ke acara penutupan ini,” kata Syahrul.

Dikatakan Syahrul, bahwa dalam pelaksanaan kegiatan MTQ ini telah menghasilkan peserta terbaik yang berasal dari Kafilah tiap-tiap Kecamatan yang ada di Kota Tanjungpinang.

Dalam sambutannya, Syahrul juga mengatakan bahwa, Kegiatan MTQ ini bukan hanya sekedar seremonial tahunan saja, melainkan lebih dari itu.

“MTQ ke- XIII ini sesungguhnya diadakan merupakan sebagai wahana untuk berkompetisi dalam kebaikan atau fastabiqul khairat untuk dapat memacu diri lebih mengenal, memahami dan menghayati Al- Qur’an dalam kehidupan sehari-hari, serta untuk menumbuhkan rasa cinta bagi generasi muda dan masyarakat terhadap Al-Qur’an. Jadi bukan hanya sebatas kegiatan seremonial tahunan saja,” tutur Syahrul.

“Saya berharap kedepannya buat para pemenang nantinya lebih matang lagi dalam mempersiapkan diri untuk mengikuti pelaksanaan MTQ di Tingkat Provinsi Kepulauan Riau mendatang mewakili dari Kota Tanjungpinang,” harapnya.

“Semoga pembinaan Tilawatil Quran dapat terus ditingkatkan dan berlanjut terutama dalam mempersiapkan hasil terbaik, guna menghadapi MTQ Tingkat Provinsi Kepulauan Riau yang akan diadakan di Kabupaten Bintan pada tanggal 27 April mendatang,” ungkapnya.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Kota Tanjungpinang yang juga sebagai Wakil Wali Kota Tanjungpinang, Hj. Rahma, S.IP memberikan apresiasinya kepada semua pihak yang telah membantu jalannya acara MTQ itu, serta mengucapkan rasa syukur kepada Allah SWT atas terselenggaranya MTQ Kota Tanjungpinang yang ke- XIII di tahun 2019 ini dengan baik dan lancar.

“Saya bersama stakeholder yang ada telah berupaya semaksimal mungkin dalam pembinaan pendidikan keagamaan, khususnya dalam menggalakkan pembinaan Qori dan Qoriah melalui TPA, MDA, Rumah Tahfidz dan Pesantren yang tersebar di Kota Tanjungpinang,” ujar Rahma.

“Apabila daerah mampu menyelenggarakan kegiatan pembelajaran Al- Qur’an di lingkungan masing-masing, maka daerah tersebut telah mampu mengkaderisasi Qori dan Qoriah berprestasi, sehingga dapat mengirimkan Qori dan Qoriah yang baru dalam setiap penyelenggaraan MTQ,” kata Rahma.

Dalam kegiatan MTQ ke- XIII tingkat Kota Tanjungpinang itu, keluar sebagai Juara Umum adalah Kecamatan Bukit Bestari, dengan unggul disetiap kategori yang diperlombakan.

Turut hadir pada malam penutupan acara MTQ tingkat Kota  Tanjungpinang diantaranya Sekda Kota Tanjungpinang Riono, Ketua TP PKK Kota Tanjungpinang Hj. Juwariah Syahrul, Ketua DWP Kota Tanjungpinang, unsur FKPD Kota Tanjungpinang, anggota DPRD Kota Tanjungpinang, perwakilan Kantor Wilayah Kementrian Agama Provinsi Kepulauan Riau, serta para tamu undangan lainnya. (Red).

Editor : Milla