Sambut Pemilu, Bawaslu Karimun Deklarasi Tolak Money Politik

Karimun, GK.com – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Karimun menggelar jalan sehat dalam rangka deklarasi tolak politik uang,  di Costal Area, Minggu (31/03) sekitar pukul 07.00 Wib.

Dalam acara jalan sehat yang dibuka langsung oleh Ketua Bawaslu Kabupaten Karimun Nurhidayat, S.Sos didampingi oleh Bupati Karimun Aunur Rafiq tersebut bertujuan sebagai bentuk komitmen dalam menjalankan tugas dan fungsi Bawaslu sebagai penyelenggara Pemilu, serta mengikrarkan deklarasi tolak money politik bagi petugas pengawas pemilu.

Ketua Bawaslu Kabupaten Karimun, Nurhidayat mengatakan, “Pemilu Tahun 2019 ini merupakan sejarah baru dan pertama kali terjadi di Indonesia, bahkan di dunia, karena  proses pelaksanaannya digabungkan dengan pemilihan calon Presiden dan Wakil Presiden serta para Calon Legislatif,” ucapnya.

“Dengan begitu, pasti dinamika politik pada tahun ini sangatlah luar biasa sekali,  namun kami yakin, semangat kita sama semua. Dan kami sebagai penyelenggara Pemilu beserta anggota mempunyai semangat yang sama,  yaitu semangat mewujudkan Pemilu yang Bebas, Adil, Umum, dan Jujur,” ungkap Nurhidayat.

Dikatakan Nurhidayat, Bawaslu Karimun bersama Polres Kabupaten Karimun dan Kejaksaan Negeri Kabupaten Karimun tergabung didalam sentra Penegakan Hukum Terpadu (Gakkumdu) dan sangat konsen dalam hal-hal yang berkaitan dengan pelanggaran Pemilu.

“Kemarin pada Desember 2018, kami bersama Kapolres Kabupaten Karimun dan Kajari Kabupaten Karimun melalui sentra Gakkumdu berhasil mengungkapkan tindak pidana Pemilu pertama kali dari beberapa Kabupaten di Provinsi Kepri,” terang Nurhidayat.

“Melalui kegiatan ini, dengan semangat yang sama, kita secara bersama-sama berkomitmen untuk menciptakan Pemilu yang Aman, Damai dan Bermartabat, demi melahirkan generasi pemimpin yang berintegritas tinggi,” harap Nurhidayat.

Dikesempatan yang sama, Bupati Kabupaten Karimun H. Aunur Rafiq mengatakan, “kami atas nama Pemerintah Kabupaten Karimun sangat menyambut baik pada kegiatan yang diselenggarakan oleh Bawaslu Kabupaten Karimun di hari ini,” katanya.

“Ini merupakan pembelajaran berpolitik yang baik bagi masyarakat Kabupaten Karimun khususnya, semoga pada pelaksanaanPemilu di Tahun 2019 ini nantinya dapat berjalan dengan baik dan demokratis,” harap Rafiq.

Dijelaskan Rafiq, pada jam 13.30 Wib hari ini nantinya akan diresmikan Kampung Pengawasan yang terletak di Kecamatan Tebing,  Kelurahan Teluk Uma dan akan dihadiri oleh Bawaslu Republik Indonesia.

“Kabupaten kita ini merupakan satu-satunya yang bisa dikunjungi langsung oleh Bawaslu-RI, tentunya hal ini merupakan berkat kerja keras dari Bawaslu Kabupaten Karimun dan didukung oleh Bawaslu Provinsi Kepri, saya berikan apresiasi dan ucapkan terima kasih kepada Bawaslu,” ucap Rafiq.

“Mari bersama-sama kita ikuti acara ini dengan baik, acara ini juga menunjukkan bahwa dengan Pemilu yang akan dilaksanakan beberapa hari lagi tidak membuat kita untuk memutuskan hubungan tali silaturahmi antara satu dengan yang lainnya, oleh karena itu mari kita hadiri bersama-sama ke TPS terdekat untuk memberikan hak suara dalam Pemilu yang akan datang”. tutup Rafiq.

Acara tersebut diakhir dengan pemberian hadiah Doorprize kepada masyarakat bagi yang beruntung mendapatkannya melalui kupon. Turut hadir dalam acara tersebut, Kapolres Kabupaten Karimun AKBP Hengky Pramudya, Dandim Kabupaten Karimun, Danlanal Kabupaten Karimun, anggota Bawaslu Provinsi Kepri dan Kabupaten Karimun, Ketua KPU Kabupaten Karimun Eko Purwandoko, Anggota DPRD Kabupaten Karimun, serta seluruh lapisan masyarakat yang ada di Kabupaten Karimun. (KR).

Editor : Milla