Sempena TB se- Dunia, Puskesmas Raya Adakan Pengecekan Kesehatan Gratis

Lingga, GK.com  РDalam rangka memperingati hari Tubercle Bacillus (TB) se- Dunia yang jatuh setiap Tanggal 24 Maret, Puskesmas Raya mengumpulkan seluruh masyarakat Desa Marok Tua, Kecamatan Singkep Barat, Kabupaten Lingga, yang sering mengalami batuk tidak kunjung sembuh untuk diperiksa dahaknya, apakah yang bersangkutan suspect menderita TB Paru atau tidak.

Pada kegiatan yang dilaksanakan Senin (25/3) itu,  satu per satu masyarakat dikumpulkan di ruang pertemuan desa, untuk diperiksa kesehatannya.

Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DKPPKB) Lingga melalui Kepala Seksi (Kasi) Penanganan Penyakit Menular, Adhe Permana Putra mengatakan, jika pada hasil pemeriksaan nantinya di dapatkan sputum dahaknya positif TB, maka masyarakat yang bersangkutan akan langsung di obati.

Dikatakan Adhe Permana, dalam kegiatan yang gelar Pekan TB itu juga disejalankan dengan Pos Pembinaan Terpadu untuk penyakit menular (Posbindu) dan Posyandu Lansia, untuk mengecek tekanan darah, tinggi badan, berat badan, serta pengecekan kadar gula dan asam urat.

“Jadi, jika ada masyarakat yang berisiko terdeteksi akan penyakit tersebut, maka dapat kita tangani dengan cepat dan benar,” tuturnya.

Adhe mengaku, dalam hal ini pihaknya siap untuk mensuport serta mendukung program-program yang telah disusun oleh Puskesmas untuk memberantas dan menangani penyakit menular tersebut, demi menuju Kabupaten Lingga yang bebas dari penyakit dan hidup sehat. (MN).

Editor : Milla