Perpat Gelar Ikrar Pemuda untuk Pemilu Damai

Tanjungpinang, GK.com – Persatuan Pemuda Tempatan (Perpat) Kota Tanjungpinang menggelar Ikrar Pemuda untuk, Sabtu (16/3) sore, di Halaman Gedung Daerah.

Tujuan diselenggarakannya kegiatan itu adalah untuk mensukseskan pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) damai dan aman.

Ketua Panitia Ikrar Pemuda, Irwan Lapi mengatakan bahwa acara yang digelar tersebut adalah untuk menyatukan berbagai organisasi kepemudaan yang ada di Provinsi Kepri dan Kota Tanjungpinang pada khususnya.

“Acara ini kita gelar untuk menyatukan Para pemuda dan Organisasi Kepemudaan yang ada di Tanjungpinang dan Provinsi Kepulauan Riau agar dapat bersama-sama mensukseskan pelaksanaan dalam Pemilihan Umum yang aman, damai, sejuk dan tidak ada berita hoax nantinya,” kata Irwan Lapi.

Pada kesempatan itu, Irwan Lapi juga mengucapkan terima kasih kepada Gubernur Provinsi Kepulauan Riau Nurdin basirun, Wali Kota Tanjungpinang Syahrul  dan para tamu undangan lainnya yang menghadiri acara itu.

“Atas nama Panitia, saya mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah berpartisipasi serta mendukung acara ini, terutama kepada Gubernur Kepri dan Wali Kota Tanjungpinang dan seluruh organisasi pemuda di Kota Tanjungpinang,” ucapnya.

Sementara itu, Wali Kota Tanjungpinang H. Syahrul, S.Pd, dalam pidatonya menyambut baik dan memberikan apresiasi atas terselenggaranya acara itu.

“Acara yang digelar ini sangat baik, apalagi dalam waktu dekat kita akan menghadapi Pemilihan Calon Legislatif dan Pemilihan Presiden, saya berharap dengan kehadiran Perpat nantinya mampu meningkatkan antusias dan tingkat partisipasi masyarakat dalam Pemilu mendatang, menciptakan suasana pemilu yang damai, aman, sejuk dan terhindar dari hal-hal yang melanggar aturan,’’ ujarnya.

Selain itu, Syahrul juga mengatakan, pemuda haruslah lebih bijak dan cerdas dalam menanggapi berita-berita yang beredar serta mampu memanfaatkan teknologi dengan baik.

“Teknologi saat ini sangatlah canggih, gunakan media sosial sebaik mungkin, jangan menyebar berita hoax dan harus cerdas dalam menanggapi berita-berita yang beredar, karena generasi muda haruslah lebih cerdas dalam menangkal berita hoax agar tercipta kehidupan yang aman, jauhi ujaran kebencian yang mampu memecah-belah kerukunan antar masyarakat,” pungkasnya.

Diakhir acara, Gubernur Kepri, Wali Kota Tanjungpinang dan Perpat secara bersama-sama membacakan Ikrar Pemuda yang dibacakan oleh Irwan Lapi dengan diikuti oleh seluruh organisasi pemuda yang berbunyi sebagai berikut :

  1. Siap berperan aktif untuk mensukseskan dan mengawal pelaksanaan Pemilu 2019 yang berintegritas dan bermartabat ;
  2. Setia mengawal proses Pemilu 2019, berazaskan Langsung, Umum, Bebas Rahasia, Jujur dan Adil ;
  3. Menolak isu SARA, menolak politk uang dan menolak penyalahgunaan media sosial untuk berita hoax ;
  4. Berperan serta, aktif dalam kemajuan daerah dan menjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Tahun 1945 ;
  1. Bersatu tekad merawat kebersamaan dan menjaga rasa toleransi demi terwjudnya Pemilu 2019 yang aman, damai dan sejuk di Kota Tanjungpinang khususnya dan Provinsi Kepulauan Riau pada umumnya.

Acara tersebut dilanjutkan dengan hiburan band, pentas seni dan pameran otomotif yang dilaksanakan pada malam harinya di halaman Gedung Daerah. (Hms/Red).

Editor : Milla