Tingkatkan Pendidikan Pemilih Kepada Kaum Wanita, KPU Gelar Sosialisasi

Tanjungpinang, GK.com –  Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tanjungpinang menggelar Sosialisasi dan Pendidikan Pemilih Perempuan bersama Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Kota Tanjungpinang mengenai tata cara Pemilihan Umum (Pemilu) di Aula Bulang Linggi, Rabu (13/03) sekitar pukul 09.30 Wib.

Dalam acara itu, Divisi Teknis Penyelenggaraan KPU Kota Tanjungpinang, Susanti menjelaskan bagaimana tata cara mencoblos surat suara yang sah kepada peserta agar nantinya tidak kehilangan suara apabila tidak mencoblos dengan benar.

“Surat suara akan sah apabila dicoblos tepat berada pada nama Caleg, kalaupun tidak berada tepat di nama Caleg, surat suara tetap sah, namun suara akan diterima oleh partai,” tuturnya.

“Selagi surat suara masih di coblos dalam batas garis kotak, suara akan sah, lain hal ketika pencoblosan terjadi diluar garis batas yang ditentukan, maka suara tidak sah dan masyarakat akan kehilangan suaranya,” terang Susanti.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Badan Kontak Majelis Taklim (BKMT) Kota Tanjungpinang, Sulikah yang turut hadir pada sosialisasi tersebut mengatakan bahwa sosialisasi yang dilakukan oleh KPU sangatlah penting, agar saat hari pencoblosan nanti, masyarakat khususnya kaum perempuan tidak kebingungan, mengingat Pemilu kali ini berbeda dari Pemilu sebelumnya.

“Sosialisasi seperti ini sangatlah penting, karena pada Pemilu nanti perempuan merupakan pemilih terbanyak, dan kalangan perempuan biasanya lebih peduli untuk mengikuti kegiatan seperti itu”. tutup Sulikah. (FL).

Editor : Milla