Pelantikan 5 Anggota KPPAD Batam di Harapkan Mampu Menurunkan Kekerasan Pada Anak

Batam, GK.com – Walikota Batam melantik anggota Komisi Pengawasan dan Perlindungan Anak Daerah (KPPAD) Batam periode Tahun 2019-2024 di Aula Engku Hamidah Kantor Wali Kota Batam, Jumat (08/03) sekitar pukul 10.06 Wib.

Dalam pelantikan itu, ada 5 orang anggota KPPAD Batam yang dilantik secara bersamaan. Terlaksananya pelantikan dari 5 anggota baru KPPAD Batam ini diharapkan kedepannya dapat meningkatkan serta mengatasi kekerasan terhadap anak yang kerab terjadi di Kota Batam.

Wali Kota Batam, H. Muhammad Rudi dalam pidatonya berharap kedepannya melalui lembaga ini kasus kekerasan yang sering terjadi kepada anak di wilayah Kota Batam bisa diatasi,   tidak hanya sebatas memberikan perlindungan dan mengawasan saja, melainkan mampu memberikan pendampingan secara medis dalam penanganan kasus anak tersebut.

“Dengan banyaknya kasus perceraian yang terjadi di Kota Batam ini, tentunya bisa mengakibatkan dampak negatif kepada anak, seperti gangguan mental dan lain-lain,” ujar Rudi.

“Untuk menekan jumlah angka kekerasan yang timbul pada anak tersebut, marilah kita  bersama-sama menyelesaikan permasalahan ini,” ajak Rudi.

Seperti diketahui, sebagiamana tercantum pada Undang-Undang (UU) Nomor 23 Tahun 2002, tugas dari KPPAD yaitu mempunyai kewajiban memberikan masukan dan usulan dalam perumusan kebijakan tentang pelanggaran perlindungan anak, serta mengumpulkan data dan informasi mengenai perlindungan anak dan tugas-tugas lainnya.

“Saya berharap kedepannya, komisi yang sudah di lantik ini dapat menjalankan tugas serta amanah yang telah diberikan secara optimal, agar kasus kekerasan yang ada di Kota Batam ini, khususnya yang menimpa pada anak, menurun” harap Rudi.

Sementara itu, dikesempatan yang sama, Abdillah salah satu anggota KPPAD Batam yang baru saja dilantik saat diwawancara media ini disela-sela kegiatan berlangsung mengatakan bahwa, “saya akan menjalankan amanah dan peraturan menurut Undang-undang yang berlaku dengan baik, serta mengawasi, melindungi dan memberikan informasi kepada Bapak Wali Kota terkait perlindungan tersebut.” ucap Abdillah.

Dikatakan  Abdillah, saat ini, para anggota KPPAD yang telah resmi dilantik haruslah mengambil peran penting dalam memberikan perlindungan terhadap anak dengan terus melakukan sosialisasi agar masyarakat terlibat secara langsung untuk memberikan berkontribusinya dalam membangun dan melindungi jiwa anak, seperti hidup layak anak, tumbuh kembang anak, serta hak anak yang harus dilindungi.

“Saya berharap kedepannya bagi semua anggota KPPAD Batam dapat bersinergi dengan Permintah Daerah serta masyarkat untuk melindungi hak kenyamanan dan keamanan anak, yang mana anak adalah generasi penerus bangsa,” tuturnya.

Diakhir acara tersebut dilakukan pengambilan sumpah bagi para Anggota KPAD, serta penandatanganan Surat Keputusan (SK). Hadir dalam kegiatan itu Walikota Batam H. Muhammad Rudi SE.MM, perwakilan dari Kementerian Agama Batam, Kepala Dinas Pariwisata Kota Batam Ardiwinata, dan  para tammu undangan lainnya. (SI).

Editor : Milla