Sambut HUT Imigrasi ke- 69, Program Paspor Simpatik Hadir Dalam Mempermudah Pelayanan

Kasi Lalu Lintas dan Izin Tinggal Keimigrasian Kelas II Tanjung Balai Karimun,
Kristian, A.Md, Im, SH

 

Karimun – Dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) yang ke- 69 yang jatuh pada tanggal 26 Januari 2019, Kantor Imigrasi Kelas ll Tanjung Balai Karimun berikan pelayanan Paspor Simpatik.

Adapun tujuan dari pelayanan Paspor Simpatik itu nantinya adalah untuk mendekatkan pelayanan keimigrasian bersama masyarakat, serta memberikan kemudahan dalam memberikan pelayanan bagi permohonan paspor yang tidak bisa dilakukan di saat jam kerja yaitu pada hari Senin s/d Jum’at, nantinya dapat dilakukan di hari Sabtu dan Minggu.

Kepala Seksi Lalu Lintas dan Izin Tinggal Keimigrasian Kelas II Tanjung Balai Karimun, Kristian, A.Md, Im, SH saat ditemui oleh media ini mengatakan bahwa pelayanan Paspor Simpatik ini sudah dilaksanakan sejak tanggal 29 Desember 2018 yang lalu, dan ini merupakan minggu terakhir pelayanan Paspor Simpatik  dijalankan.

“Saat ini jumlah pemohon belum kita hitung berapa banyak yang mengikuti Paspor Simpatik ini, namun untuk pemohon paspor dapat langsung datang ke Kantor Imigrasi, dan  nantinya akan kita berikan pelayanan, tetapi untuk kuota pemohon paspor kita batasi setiap harinya sekitar 50 kuota saja,” terang Kristian saat dijumpai media ini di Ruang Kerjanya, Jum’at (18/01) pukul 09.00 Wib.

Dikatakan Kristian, dalam pengurusan paspor sesi foto dan wawancara, pemohon yang mengatur jadwal hari dan jamnya untuk datang ke Kantor Imigrasi dapat langsung diberikan pelayanan sesuai loket yang telah ditentukan, sementara untuk pembayarannya semua dilakukan langsung melalui via Bank, hal tersebut dilakukan demi menghindari hal yang tidak diinginkan, seperti kasus pungutan liar atau pungli.

“Ini adalah merupakan salah satu inovasi keimigrasian yang diberikan kepada masyarakat dalam memberikan kemudahan di pelayanan di hari Sabtu dan Minggu, meski begitu pelayanan tersebut juga dibatasi yaitu mulai pukul 08.00 s/d 12.00 Wib,” tutur Kristian.

“Harapan kami kedepannya dengan diadakannya pelayanan paspor simpatik ini nantinya Keimigrasian Kelas II Tanjung Balai Karimun dapat lebih dekat lagi bersama masyarakat dalam memberikan kemudahan di bagian pelayanan khususnya dengan lebih baik lagi”. harap Kristian.  (KR).

Editor : Mila