Sambut Pemilu, KPU Karimun Bentuk Tim Relawan Demokrasi

Karimun, GK.com – Dalam menyambut Pemilihan Umum (Pemilu) yang digelar secara serentak pada 17 April mendatang, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Karimun membentuk Tim Relawan Demokrasi.

Adapun tujuan dibentuknya dari Tim Relawan Demokrasi tersebut adalah untuk mengajak masyarakat ikut berpartisipasi dalam Pemilu mendatang, serta sekaligus mensosialisasikan kepada masyarakat dalam memberikan pemahaman dan mengubah pola pikir masyarakat dalam pesta demokrasi menggunakan hak pilihnya.

Ketua KPU Kabupaten Karimun, Eko Purwandoko mengatakan, “Untuk tim relawan di bagi beberapa segment, yakni segment keagamaan, segment disabilitas, segment muda,  segment pemula, dan beberapa segment lainnya,” terangnya.

“Saat ini kita juga sedang melakukan pendaftaran bagi yang bersedia jadi tim relawan tersebut,” ungkap Eko saat dijumpai Gerbangkepri.com di kantornya, Selasa (15/01) sekitar pukul 09.00 WIB.

Dikatakan Eko, saat ini pihak KPU juga gencar dalam mensosialisasikan pemahaman terkait Pemilu di tengah-tengah masyarakat dalam menggunakan hak pilihnya, dibentuknya tim relawan salah satunya untuk meringankan kerja KPU.

“Selain melakukan program Go To Campus di beberapa Kampus yang ada di Karimun seperti Universitas Karimun (UK) dan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Cakrawala Karimun untuk memberikan sosialisasi kepada pemilih pemula, kita juga melakukan program Go To School,” ujar Eko.

“Go To School ini kita lakukan sosialisasi di 33 SMA/SLTA sederajat yang ada di Kabupaten Karimun, dan saat ini sudah dilakukan sosialisasi ke beberapa sekolah,” ucap Eko.

“Dalam melakukan sosialisasi kepada seluruh pemula di sekolah-sekolah khususnya siswa kelas 2 dan 3, kita perlu mengatur jadwal kepada pihak yang bersangkutan agar tidak menganggu kegiatan belajar-mengajar para siswa,” kata Eko.

Dijelaskan Eko, salah satu persyaratan dalam menggunakan hak pilih yaitu mempunyai E-KTP, tanpa kartu tersebut tentunya seseorang tidak bisa di daftarkan sebagai pemilih, dan kita juga sudah berkoordinasi bersama Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil)  yang ada di wilayah Kabupaten Karimun saat ini.

“Nah atas upaya keikutsertaan dari Disdukcapil ke sekolah-sekolah dalam melakukan perekaman pembuatan E-KTP kepada para siswa yang nantinya menjadi bakal calon pemilih itulah yang nantinya menjadi salah satu data kami dalam menggunakan hak pilih pemula pada Pemilu mendatang”. tutupnya. (KR).

Editor : Mila