DP3 Tanjungpinang Berikan Batuan Sarana dan Prasarana Perikanan Tangkap Kepada 32 Nelayan

Tanjungpinang, Gk.com – Dinas Pertanian Pangan dan Perikanan (DP3) Kota Tanjungpinang menyerahan bantuan secara simbolis melalui kegiatan pengadaan sarana dan prasarana perikanan tangkap dan bantuan premi asuransi nelayan di Aula Kantor Camat Tanjungpinang Barat, Kamis (27/12) sekitar pukul 14.00 Wib.

Kepala Bidang Perikanan, Catry Jintar, SE.,M.Si, dalam sambutannya mengatakan total keseluruhan dalam pemberian alat bantuan tersebut berjumlah sekitar 640 unit.

“Dalam penerima bantuan yang berjumlah 145 orang itu terdiri dari 113 orang nelayan yang menerima premi asuransi dan 32 nelayan yang menerima sarana dan prasarana tangkap berupa Jaring Apollo 170 pcs, Jaring Tangsi 70 pcs, dan Bubu Ketam sekitar 400 unit,” papar Catry.

“Selain itu, sesuai dengan menjalankan Undang-Undang (UU) Republik Indonesia (RI) Nomor 7 tahun 2016 tentang perlindungan dan pemberdayaan nelayan, pembudidaya ikan dan petambak garam, maka melalui program bantuan premi asuransi bagi nelayan ini diterbitkan kartu asuransi bagi nelayan dengan tujuan untuk memberikan jaminan perlindungan atas resiko yang akan dialami serta ┬ámemberikan kesadaran untuk berasuransi,” terangnya.

Pada kesempatan yang sama, H. Syahrul, S.Pd selaku Walikota Tanjungpinang mengatakan, bantuan sarana dan prasarana perikanan tangkap yang diberikan ini harus di manfaatkan dengan sebaik-baiknya.

“Alat yang di berikan ini sebaiknya ┬ábenar-benar di gunakan untuk mencari nafkah dalam menangkap ikan, serta harus juga di rawat sebagaimana mestinya,” tegas Syahrul.

Jupri, salah satu nelayan penerima bantuan mengucapkan rasa terima kasihnya kepada Dinas terkait yang sudah memberikan bantuan tersebut kepadanya, karena melalui bantuan itu tentunya akan sangat membantu dalam kegiatan sehari-harinya dalam mencari nafkah.

“Barang yang di berikan sangatlah layak di pakai, hanya saja mungkin tidak untuk dalam jangka waktu yang lama, namun melalui bantuan ini juga sudah lebih dari cukup dapat membatu saya,” kata Jupri.

Hadir dalam kegiatan itu Walikota Tanjungpinang H. Syahrul, S.Pd, Kepala Dinas Pertanian Pangan dan Perikanan Kota Tanjungpinang Hj. Raja Khairani, S.Sos.,MM, Kepala Bidang Perikanan Catry Jintar, SE.,M.Si, Wakil Ketua I DPRD Kota Tanjungpinang Ade Angga, S.IP, Camat Tanjungpinang Barat Riwayat, S.Sos, dan para nelaya penerima bantuan dari Kelurahan Tanjungpinang Barat, Senggarang, dan Dompak. (FL).

Editor : Ani