Menghasilkan Bahasa Indonesia yang Tepat dan Benar, Kantor Bahasa Kepri Adakan Penyuluhan

Tanjungpinang, GK.com – Kantor Bahasa Kepulauan Riau mengadakan kegiatan Penyuluhan Bahasa Indonesia Badan Publik untuk Hubungan Masyarakat (Humas) dan Protokoler Instansi Pemerintah Provinsi Kepri dan Kota Tanjungpinang, di Hotel Comforta, Rabu (19/12) sekitar pukul 09.00 Wib.

Asisten I Sekretariat Daerah Provinsi Kepri, Raja Ariza yang membuka resmi kegiatan tersebut mengatakan, dalam kegiatan yang digelar ini manfaatnya cukup besar bagi humas dan protokoler  instansi pemerintah.

“Humas itu tugasnya memberikan penjelasan dan pemahaman kepada masyarakat mengenai kebijakan-kebijakan yang di berikan dari masing-masing pimpinan instansi,” ujarnya.

“Dalam memberikan pemahaman terhadap masyarakat haruslah menggunakan bahasa yang benar dan mudah di pahami, jadi di sinilah kesempatan bagi para Humas dan Protokoler untuk memantapkan pengetahuan mengenai penggunaan bahasa yang benar dan tepat,” terang Raja Ariza.

“Saya sangat mengapresiasi kepada Kantor Bahasa Kepri ini atas sosialisasi dan penyuluhan yang telah diberikan, karena dalam berbahasa tidaklah mudah, merangkai kata, serta pengucapannya juga harus baik,” ucapnya.

Kegiatan yang berlangsung dari tanggal 19-20 Desember ini diikuti oleh Humas dan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Provinsi Kepri, dan juga berfungsi sebagai pembinaan bahasa agar mempermudah pihak terkait dalam menjalankan tugasnya.

Sementara itu, Zuryetti Muzar S.E selaku Kepala Kantor Bahasa Kepulauan Riau menjelaskan, bahasa Indonesia sebagai bahasa resmi Negara seperti yang sudah tertuang dalam Pasal 36 UUD 1945 yang bersumber dari bahasa yang di ikrarkan dalam sumpah pemuda sebagai bahasa persatuan.

“Kegiatan ini adalah untuk meningkatkan minat dan sikap positif penggunaan bahasa Indonesia oleh Badan Publik, Media Massa, Pengusaha, Tenaga Pendidikan dan masyarakat,” ucapnya.

“Disini kami mengajarkan tentang penggunaan bahasa Indonesia, baik secara lisan maupun tulisan, serta tata cara penyampaian yang benar”. kata Zuryetti.

Disamping itu, tambah Zuryetti, materi ini juga berguna untuk membuat pidato dan naskah kedinasan yang harus menggunakan bahasa Indonesia yang baik.

“Jadi, saya berharap agar peserta benar-benar mengikuti kegiatan ini hingga akhir”. harap Zuryetti.

Hadir dalam kegiatan itu Asisten I Sekdaprov Kepri Raja Ariza, Kepala Kantor Bahasa Kepri Zuryetti Muzar S.E, serta Humas dan SKPD Provinsi. (FL).

Editor : Ani