Dispar Karimun Fokus Bangun Destinasi Wisata Pantai Pelawan

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Karimun, H. Zamri, S.Sos.,M.Si

Karimun, GK.com – Dalam menunjang pariwisata di Kabupaten Karimun, Dinas Pariwisata memfokuskan dalam membangun destinasi wisata di kawasan pantai, salah satunya di Pantai Pelawan, yang terletak di Desa Pangke Barat,  Kecamatan Meral Barat.

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Karimun, H.  Zamri,  S.Sos.,M.Si mengatakan,  di tahun 2018 Dinas Pariwisata mendapat Dana Alokasi Khusus (DAK) dari pemerintah pusat sebesar 1,5 miliar, dari nominal angka tersebut sejauh ini sudah terbangun 15 unit tempat peristirahatan atau yang kerap disapa Gazebo, panggung hiburan, dan Musholla yang terdapat di Pantai Pelawan.

“Pada tahun 2019 mendatang, Dana Alokasi Khusus yang nantinya kita dapatkan wacananya akan kita pergunakan untuk pembangunan tempat penjualan, tempat parkir, pembenahan jalan masuk dan keluar, serta tempat pembilasan air bersih yang berada di kawasan pantai tersebut,” terang Zamri saat di temui Gerbangkepri.com di ruang kerjanya, Rabu (19/12) pagi.

Dijelaskan Zamri, selain di kawasan Pantai Pelawan,  Kabupaten Karimun juga terdapat beberapa destinasi wisata lainnya, seperti Pantai Pongkar, Pantai Ketam,  pemandian air panas di Kecamatan Buru dan beberapa pantai lainnya.

“Saat ini Dinas Pariwisata Kabupaten Karimun masih tetap mentargetkan 100 ribu wisatawan asing yang akan datang ke Kabupaten Karimun,” ujarnya.

Sementara itu, lanjut Zamri menjelaskan, ada beberapa event atau rangkaian kegiatan yang dilaksanakan oleh Dinas Pariwisata Kabupaten Karimun dalam menarik perhatian bagi para wisatawan yang berkunjung ke Karimun yakni,  Dangkong Dance Festival, Barongsai,  Sampan Layar,  Motorcross, dan Jelajah Wisata.

“Untuk objek wisata yang telah kita bangun selama ini adalah untuk meningkatkan kualitas pariwisata yang ada bagi masyarakat Kabupaten Karimun maupun para wisatawan asing dari berbagai manca Negara yang berkunjung ke sini,” ucap Zamri.

“Dengan dibangunnya destinasi wisata pantai,  di harapkan nantinya kepada masyarakat dapat menjaga keindahan pantai serta lebih meningkatkan kualitas destinasi wisata yang ada di Kabupaten Karimun, guna memperbanyak kunjungan bagi para turis yang akan datang ke pulau kita”. tutup Zamri. (KR).

Editor : Ani