Syahrul Kukuhkan 37 RT/RW Sekaligus Memberikan Paket Sembako sebagai Bentuk Persaudaraan

Tanjungpinang, GK.com – Walikota Tanjungpinang, H. Syahrul, S.Pd kukuhkan 37 Forum RT/RW dari 4 Kecamatan yang ada di Kota Tanjungpinang untuk Masa Bakti 2018-2021, sekaligus memberikan paket sembako bagi Ketua RT/RW yang beragama Kristen, Rabu (12/12).

Acara yang diadakan di Aula Bulang Linggi, itu di gelar pada pukul 13.00 Wib, dan juga dihadiri oleh Wakil Walikota Tanjungpinang Hj. Rahma S.IP, Asisten 1 Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Kota Tanjungpinang Drs H Ahadi, Camat Tanjungpinang Timur Yenni Trisia Isabella, Camat Tanjungpinang Kota Nasrizal S.Sos, para Lurah se- Kecamatan Tanjungpinang, Perwakilan BPJS Ketenagakerjaan Kota Tanjungpinang, Ketua Lembaga Adat Melayu (LAM) Kota Tanjungpinang Wan Rafiwar, serta para RT/RW se- Kota Tanjungpinang.

Ketua Panitia yang juga menjabat sebagai Asisten 1 Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Kota Tanjungpinang Drs. H. Ahadi dalam laporannya mengatakan, untuk meningkatkan Kelurahan yang lebih optimal, terpadu, dan efektif, hendaknya para RT/RW selalu menjaga tali silaturahim yang baik di tengah-tengah masyarakat.

“Perlunya di bentuk Forum Rukun Tetangga (RT) dan Rukun Warga (RW) ini diharapkan agar bisa lebih bertanggung jawab langsung nantinya terhadap pelayanan komunikasi, serta terhadap persoalan-persoalan yang ada di lingkungan wilayahnya masing-masing,” kata Ahadi.

“Adapun tujuan dari pengukuhan Forum RT/RW ini dibentuk adalah untuk menguatkan Forum RT/RW di setiap masing-masing Kecamatan yang ada, sebagai contoh teladan dan motivator terhadap masyarakat, yang nantinya dapat mendukung dan mengamankan bagi program-program pembangunan pemerintah daerah,” harapnya.

Dijelaskan Ahadi, fungsi dari sebagai Ketua RT/RW itu adalah untuk menata serta dapat menciptakan wajah komunikasi dalam menampung aspirasi masyarakat yang lebih mengoptimalkan peran lembaga kemasyarakatan itu sendiri nantinya.

Selain itu, lanjut Ahadi menerangkan, maksud dari diberikannya beberapa paket sembako kepada para RT/RW yang beragama Kristen adalah untuk membantu bagi para saudara-saudara kita yang beragama Kristiani dalam menyambut perayaan natal, sebagai bentuk rasa persaudaraan.

“Sementara untuk biaya Anggaran dari kegiatan pada hari ini berasal dari dana Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Perubahan Kota Tanjungpinang Tahun 2018,” paparnya.

Pada kesempatan yang sama, Walikota Tanjungpinang, H Syahrul S.Pd dalam sambutannya turut menerangkan bahwa forum ini memang sudah selayaknya dibentuk, sebagai wadah bagi para Ketua RT/RW untuk mendapatkan informasi yang menyangkut kepentingan masyarakat, serta sarana berdiskusi antar RT dan RW di wilayah Kota Tanjungpinang.

“RT dan RW merupakan pemegang peranan penting di tengah-tengah masyarakat dan pembangunan pemerintah, jadi sebagai Ketua RT dan RW dituntut harus mengetahui dan memahami benar tentang daerahnya masing-masing,” ucap Syahrul.

“Para RT/RW juga haruslah bersikap netral kepada warganya, dan juga harus menerima masukkan maupun keluhan dari setiap warganya, baik itu menyangkut dalam bidang pemerintahan, bidang sosial, maupun budaya,” tegas Syahrul.

“Saya ucapkan selamat kepada 37 nama perwakilan dari 4 Kecamatan yang telah di kukuhkan pada hari ini, selamat bekerja bagi seluruh jajaran RT/RW, dan selamat memberikan konstribusinya kepada pemerintah,” ujarnya. Syahrul.

“Mari kita secara bersama-sama menata Kota Tanjungpinang ini agar menjadi kota yang maju, berbudaya dan sejahtera dalam harmoni kebhinnekaan masyarakat yang madani”. pungkas Syahrul. (AY).

Editor : Ani