Ahelya Abustam : Korupsi Terjadi Cenderung Pada Pendidikan Tinggi

Tanjungpinang, GK.com – Dalam rangka memperingati Hari Anti Korupsi Internasional (HAKI), Kejaksaan Negeri (Kejari) Tanjungpinang menggelar acara dengan tema “Melangkah Pasti Cegah dan Berantas Korupsi”, di Lapangan Pamedan, Tanjungpinang, Senin (10/12) pukul 10.00 Wib.

Dalam kegiatan yang resmi dibuka oleh Kejaksaan Tinggi (Kajati) Kepulauan Riau, Dr. Asri Agung Putra, SH.MH tersebut dilaksanakan bertujuan untuk pencegahan serta pemberantasan korupsi yang terjadi di semua Negara, dengan merusak hak-hak masyarakat dalam mengakses pendidikan yang layak, pelayanan kesehatan yang memadai, serta merugikan banyak pihak.

Kajati Kepri, Dr. Asri Agung Putra, SH.MH dalam sambutanya mengatakan bahwa saat ini Indonesia menduduki peringkat ke- 96 dari 180 Negara di lihat dari Corruption Perceptions Index.

“Hal tersebut menggambarkan betapa sikap kondusif sebagian kalangan terhadap korupsi masih sangat besar, sehingga patut menjadi keprihatinan dan perhatian kita bersama,” kata Agung Putra.

“Marilah kita bersama-sama mengendalikan hati kita, khususnya kepada adek-adek generasi milenial, nantinya di tangan anda lah nasib bangsa dan negara ini,” harap Agung.

Dikesempatan yang sama, Gubernur Kepri, Dr. H. Nurdin Basirun S.Sos, M.Si dalam sambutannya juga mengatakan, “korupsi adalah kejahatan yang luar biasa, jika hal ini ada di depan mata kita, tentulah harus segera diberantas, karena banyak saudara kita yang masih berada di bawah garis kemiskinan dan pengangguran saat ini,” ungkapnya

“Saya berharap pencegahan-pencegahan dalam korupsi haruslah dilaksanakan secara maksimal, dan kita semestinya berusaha bersama agar bentuk pelayanan di Kepri ini bersih,” tutur Nurdin.

Sementara itu, Kajari Tanjungpinang, Ahelya Abustam, SH.,MH saat di wawancarai oleh awak media ini mengatakan bahwa, “betapa pentingnya peringatan HAKI ini, karena dengan cara ini lah kita dapat saling mengingatkan, khususnya pada diri sendiri dalam pencegahan korupsi,” ucapnya.

“Korupsi sudah masuk ke dalam kehidupan kita, ke semua kalangan, mulai dari pendidikan rendah hingga ke pendidikan tinggi, tapi yang lebih banyak itu di pendidikan tinggi,” ujar Ahelya.

“Saya berharap kepada adek-adek wartawan apabila ada informasi yang diketahui mengenai koruptor, tolong segera di laporkan kepada kami untuk di tindaklanjuti, apabila dapat di buktikan dengan bukti-bukti yang kuat, maka hal tersebut tentunya kita brantas,” tegas Ahelya

Dalam peringatan HAKI itu juga di meriahkan dengan beberapa penampilan Band serta di lanjutkan dengan perlombaan pantun dan yel-yel yang pesertanya adalah perwakilan dari siswa-siswi SMP dan SMA yang ada di Tanjungpinang dan Bintan.

Adapun yang hadir dalam kegiatan itu diantaranya Kajari Kepri Dr. Asri Agung Putra, SH.MH, Kajari Tanjungpinang Ahelya Abustam, SH.,MH, Gubernur Kepri Dr. H. Nurdin Basirun S.Sos, M.Si, Wakil Walikota Tanjungpinang Hj. Rahma, S.IP, Wakajati Kepri Andi Muhammad Taufik, SH.MH, Wakil Bupati Bintan Drs. H. Dalmasri Syam, MM, Sekda Kota Tanjungpinang Drs. Riono, M.Si, serta Kepala SKPD dan OPD tingkat Provinsi, Tanjungpinang, dan Kabupaten Bintan, dan perwakilan Siswa-siswi dari tingkat SMP dan SMA di seluruh Tanjungpinang dan Bintan. (FL).

Editor : Ani