HUT ke- 19, DWP Berharap Mampu Mengoptimalisasikan Dalam Suksesnya Pembangunan Nasional

Tanjungpinang, GK.com – Dalam memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke- 19 Dharma Wanita Persatuan (DWP) menggelar acara syukuran di Hotel CK Tanjungpinang, Jum’at (07/12) pukul 09.00 Wib.

Ersa Famela Riono selaku Ketua DWP Kota Tanjungpinang dalam sambutannya menerangkan tentang program DWP Kota Tanjungpinang yang sudah dilaksanakan, salah satunya adalah mengoptimalisasikan program kerja serta mensinkronisasikan antara semua unsur pelaksana DWP daerah bersama pusat, dalam pelaksanaan program diberbagai bidang.

“Dalam melaksanakan tahapan optimalisasi program kerja DWP, selain melaksanakan program-program yang menjadi prioritas, hasil dari Rakernas DWP tahun 2017 yang lalu, DWP meningkatkan dan memperkuat program kemitraan bersama Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN), dengan mengambil peran strategis untuk mendukung pelaksaaan tujuan pembangunan berkelanjutan,” jelasnya.

Diterangkan Ersa, perempuan Indonesia secara umum yaitu anggota DWP khususnya, haruslah terus berikhram dan berkarya dalam memberdayakan dirinya agar mampu mandiri secara ekonomi dan berperan lebih luas untuk turut serta menggerakkan roda pembangunan nasional.

“Sebagai organisasi kemasyarakatan yang menghimpun dan membina istri pegawai Aparat Sipil Negara (ASN), DWP wajib bersyukur dan patut berbangga bahwa pada usia yang ke- 19 tahun ini telah menjadi organisasi perempuan yang besar, dan diberi kemudahan dalam menjalankan program-program kerja organisasi secara terstruktur, sehingga mencapai kinerja sampai seperti saat ini,” ungkapnya.

Namun demikian, lanjut Ersa menjelaskan, haruslah kita akui bersama, bahwa perkembangan DWP belum sesuai dengan yang kita harapkan dan masih banyak hal yang harus ditingkatkan terus untuk mencapai terwujudnya tujuan DWP sebagai Center of Excellence.

Pada kesempatan itu, Ersa juga mengatakan dalam menyambut tentang perkembangan kegiatan bernegara, perempuan sangat diharapkan untuk mempunyai peran dalam politik pembangunan bangsa, DWP diharapkan dapat menjadi salah satu unsur yang dapat mempercepat terwujudnya kesetaraan gender dengan mengambil peran strategis dalam konverasi pembangunan nasional.

“Di usia DWP yang bertambah, DWP yakin dan optimis, bahwa pembangunan organisasi yang lebih modern dan profesional dapat meningkatkan kualitas anggota DWP yang berkesinambungan di dalam pembangunan, serta mampu bersaing secara terbuka dan mampu berkifrah secara aktif dalam memberikan kontribusi pemikiran, gagasan, dan pandangan terhadap pembangunan nasional,” harap Ersa.

Ditambahkan Ersa, pada bulan Oktober 2018 yang lalu, DWP baru saja menyelenggarakan seminar nasional dengan tema “Perempuan Berkualitas Pelaku Politik Pembangunan Yang Cerdas”, yang dibuka langsung oleh Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (P3A) Republik Indonesia, Yohana Yembise  bersama Menteri Kesehatan RI, Nila Moeloek, dan dilanjutkan oleh Menteri Keuangan RI, Sri Mulyani Indrawati sebagai pembicara kunci.

“Dalam kegiatan tersebut juga dijabarkan tentang fokus pembangunan di Indonesia, yang terpenting adalah pembangunan manusia,” katanya.

“Dalam 3 dasawarsa terakhir, pengakuan dunia terhadap pentingnya perempuan di dalam pembangunan semakin meningkat,”ujar Ersa.

Di akhir sambutannya, Ersa mengajak kepada seluruh pengurus anggota DWP yang ada untuk terus berupaya dalam meningkatkan kualitas sebagai anggota organisasi istri ASN agar mampu bekerja secara profesional dalam menjalankan program kerja secara terintegerasi.

“Dengan demikian, tujuan kita untuk mengembangkan DWP menjadi organisasi ASN yang profesional dan untuk memperkuatkan peran serta perempuan dalam pembangunan bangsa akan lebih cepat terwujud,” tutupnya.

Dalam acara tersebut dibuka oleh Sekretaris Daerah Kota Tanjungpinang Drs. Riono, M.Si, dan dihadiri oleh Ketua Tim Penggerak PKK yang juga menjabat sebagai Ketua GOW Juwariah Syahril, Ketua DWP Kota Tanjungpinang Ersa Famela Riono, para Anggota DWP Kota Tanjungpinang, serta Tamu undangan lainnya. (AY).

Editor : Ani