UPP Saber Pungli Tanjungpinang Sosialisasi Gelar Jalan Santai dan Senam Sehat.

Tanjungpinang, GK.com – Dalam rangka memberikan sosialisasi pencegahan serta menghindari praktik pungli, Unit Pemberantasan Pungli Sapu Bersih Pungutan Liar (UPP Saber Pungli) Kota Tanjungpinang menggelar acara Jalan Santai dan Senan Sehat di Gedung Gonggong Tepi Laut, Sabtu (24/11) pukul 07.30 Wib.

Dalam acara yang gelar oleh Tim Saber Pungli ini juga memberikan pesan kepada masyarakat dalam menghindari praktek pungli.

Rosita, SE.,MM selaku Inspektur Kota Tanjungpinang mengatakan, sudah hampir 2 tahun Saber Pungli ini ada di Kota Tanjungpinang, namun mungkin belum semua masyarakat Tanjungpinang tau dengan fungsi dan keberadaannya, melalui sosialisasi secara terbuka inilah nantinya diharapkan akan berguna bagi masyarakat Kota Tanjungpinang yang belum tau.

“Kita sama-sama mencegah pungutan liar yang ada di Kota Tanjungpinang, khususnya pada pelayanan masyarakat,” tutur Rosita.

“Saya berharap semoga masyarakat Kota Tanjungpinang lebih berani mencegah pungli dengan cara mengadukan melalui Facebook Saberpinang atau lewat email saberpinang@gmail.com,” ujarnya.

Sementara itu, sebagai Ketua Tim Saber Pungli Kota Tanjungpinang, Wakapolres Tanjungpinang, Kompol Sujoko pada kesempatan tersebut juga turut menyampaikan tentang kategori Saber Pungli bagi pelayanan masyarakat, kiat-kiat, serta upaya menghindari praktik Saber Pungli tersebut.

“Kepada seluruh masyarakat Kota Tanjungpinang, jika menemukan adanya pungli silahkan melapor ke Polres Tanjungpinang atau ke Polsek berada di wilayah masing-masing,” kata Sujoko.

Dikesempatan yang sama, Walikota Tanjungpinang, H. Syahrul, S.Pd mengharapkan kedepannya agar Tim Saber Pungli Kota Tanjungpinang untuk lebih intens mensosialisasikan tugas serta fungsi Saber Pungli kepada masyarakat.

“Tim yang sudah terbentuk sebaiknya mensosialisasikan tentang jenis-jenis pungli, tugas Saber Pungli dan terkait efek dari pungli,  sehingga masyarakat lebih paham,” tegas Syahrul.

Syahrul juga berharap dalam penindakan yang dilakukan Saber Pungli juga tidak hanya pada sektor pemerintahan saja, akan tetapi juga bagi semua sektor termasuk swasta.

“Tim yang terbentuk diharapkan dapat bekerja semaksimal mungkin, dengan adanya pengaduan, tim harus melihat dugaan pungli itu bukan hanya diawasi di pemerintahan saja, akan tetapi juga pada pihak swasta harus turut di pantau,” ucap Syahrul.

Direktur Binmas Polda Kepri, Kombes Polisi Bambang Sigit Priyono yang juga merupakan Bagian Pencegahan Saber Pungli Provinsi Kepri menyampaikan apresiasinya terhadap Pemerintah Kota Tanjungpinang dalam melayani masyarakat sangat tertib.

“Saya mengajak bagi seluruh yang hadir saat ini untuk dapat bersama-sama dalam memberantas, mencegah serta menolak pungutan liar di manapun berada, serta hindari berita Hoax, karena itu belum tentu pasti kebenarannya,” ujjarnya.

Ditambahkan Bambang, di era digital saat ini perkembangan dan penyampaian informasi berlangsung sangat cepat, jadi diharapkan bagi semua lapisan masyarakat untuk lebih bijak lagi dalam menanggapi pemberitaan yang ada.

Hadiri dalam acara tersebut FKPD Kota Tanjungpinang, Ketua TP PKK Kota Tanjungpinang, para Camat dan Lurah se- Kota Tanjungpinang, Kepala Sekolah se- Kota Tanjungpinang, RT, RW, dan masyarakat.

Diakhir acara yang diikuti kurang lebih 500 undangan yang terdiri dari berbagai kalangan itu  dilakukan pencabutan Doorprize dengan berbagai hadiah yang menarik. (FL).

Editor : Ani

 

 

Recommended For You

About the Author: admin01