HUT IBI ke- 67 Gelar Seminar Kesehatan Serta Senam Yoga Bagi Ibu Hamil

Tanjungpinang, GK.com – Sempena memperingati Hari Kesehatan Nasional ke- 54, Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Kota Tanjungpinang menggelar seminar kesehatan dan senam yoga bagi ibu hamil, Sabtu ((24/11), pukul 10.00 Wib.

Dalam acara yang digelar di Aula Poltekes, Jalan Pemuda itu diresmikan Langsung oleh Walikota Tanjungpinang H. Syahrul,S.Pd, dan dihadir Kepala Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Dinkes Dalduk KB) Kota Tanjungpinang Rustam, SKM,M.Si, Ketua Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kota Tanjungpinang Ny. Juwariah Syahrul, Ketua IBI Bidan Hj. Siswati, 3 orang Narasumber dari Jakarta, para Peserta anggota IBI, Mahasiswa dan tamu undangan lainnya.

Ketua panitia pelaksana, yang sekaligus menjabat selaku Ketua IBI Kota Tanjungpinang Bidan Hj. Siswati dalam pidatonya menyampaikan pengalamannya dalam penyosong masa depan yang penuh tantangan seperti salah satunya liberalisasi pelayanan kesehatan di era globalisasi.

Diterangkan Siswati, saat ini IBI perlu melakukan konsolidasi kedalam, serta memberikan layanan kesehatan kepada masyarakat atau pasien yang mengalami gangguan fisik dan mental (okupasi), serta kepada seluruh stakeholder terkait, menguatkan profesi dan persiapan dalam menghadapi tantangan era globalisasi juga perlu.

Ditambahkan Siswati, saat ini bidan merupakan salah satu tenaga kesehatan yang strategis dalam melakukan dan melaksanakan pelayanan bagi kesehatan, dengan tujuan agar dapat meningkatkan status kesehatan bagi ibu dan anak, khususnya kesehatan reproduksi perempuan dan tumbuh kembang bayi balita.

“Terlaksananya acara ini guna memperbaiki serta mengevaluasi kedepannya bagi anggota IBI agar mendapatkan kualitas anggota IBI yang lebih handal lagi,” harap Siswati

“Semoga para peserta dapat meningkatkan pengetahuan yang telah diberikan oleh narasumber dalam acara seminar kesehatan ini, dan berkaitan dana pada acara ini, itu berasal dari iuran anggota IBI serta dari para donatur,” jelasnya.

Dalam sambutannya, Walikota Tanjungpinang, H. Syahrul,S.Pd juga menjelaskan tentang pentingnya dalam membangun kesehatan, serta harus didukung oleh sektor gerakan masyarakat hidup sehat atau yang sering dikenal dengan sebutan GERMAS.

“Kesehatan tidak terlepas dari peran masyarakat yang kedepannya dapat membentuk generasi yang kuat dan berkualitas, di kesempatan ini juga saya mengajak seluruh insan kesehatan agar dapat merealisasikan kembali sejauh mana keberhasilan dunia kesehatan kita,”ajak Syahrul.

“Saat ini Pemerintah Kota Tanjungpinang juga sedang menggalakan posyandu-posyandu yang gunanya  menyadarkan bagi para orang tua tentang pentingnya kesehatan, terutama pada gizi anak, dan saya menghimbau mari kita bersama-sama semangat mengangkat derajat kesehatan,” terangnya.

Di kesempatan yang sama, Kepala Dinkes Dalduk KB Kota Tanjungpinang Rustam, SKM,M.Si mengatakan, acara hari ini sangat baik, dan Pemerintah Kota Tanjungpinang khususnya Dinas Kesehatan memberikan apresiasi kepada IBI Kota Tanjungpinang.

“Dengan adanya senam yoga buat ibu hamil pada kegiatan ini pastinya berfungsi mempermudah dalam hal melahirkan nantinya, selain itu Dinas Kesehatan juga akan terus membuat program-program yang sejalan dengan visi misi Walikota seperti jaminan kesehatan,” katanya.

Diakhir acara dilakukan pemotongan kue tumpeng oleh Walikota Tanjungpinang di dampingi Ketua IBI Kota Tanjungpinang serta dilakukan pengundian Doorprize. (RZ).

Editor : Ani

 

 

Recommended For You

About the Author: admin01