Tokoh Agama Kota Tanjungpinang Deklarasikan Pemilu Damai 2019

TANJUNGPINANG– Kementerian Agama Kota Tanjungpinang bersama tokoh agama dan tokoh masyarakat dari Kecamatan Tanjungpinang Kota dan Kecamatan Tanjungpinang Barat mendeklarasikan Pemilu Damai tahun 2019.

Dalam Deklarasi yang terdiri dari 40 orang tersebut digelar di Aula kantor Camat Tanjungpinang Kota, Kamis (25/10). Kegiatan yang digagas oleh Kemenag Kota Tanjungpinang itu selain mendeklarasi pemilu damai 2019 juga disertai dengan temu dan dialog antara tokoh lintas umat beragama.

Hadir dalam acara tersebut Camat Tanjungpinang Kota Nasrizal, S.Sos, Kapolsek Tanjungpinang Kota AKP Edy Supandi, Kakan Kemenag serta Lurah se- Kecamatan Tanjungpinang Kota dan Kecamatan Tanjungpinang Barat.

Dalam deklarasi yang diucapkan oleh tokoh agama kedua Kecamatan tersebut adalah memuat tentang kesiapan untuk saling menjaga dan merajut keharmonisan untuk mewujudkan kerukunan dalam menyongsong pemilu damai tahun 2019.

Drs. H. Erman Zaruddin, MM.Pd selaku Kakan Kemenag Kota Tanjungpinang dalam sambutannya mengatakan, kerukunan umat beragama harus dijaga dan dipelihara bersama, tidak mungkin hanya dijaga oleh pemerintah saja, seluruh elemen masyarakat harus ikut menjaga bersama.

“Dalam hal ini dibutuhkan dukungan dari semua pihak, terutama para tokoh agama dan tokoh masyarakat, disini Kemenag hanya memfasilitasi dan mengarahkan saja, sedangkan yang berperan aktif adalah tokoh masyarakat dan tokoh agama, suaranya lebih di dengar oleh masyarakat pada tataran akar rumput melalui bahasa agamanya masing-masing,” ucap H. Erman.

Sementara itu AKP. Edy Supandy selaku Kapolsek Tanjungpinang Kota dalam kesempatan itu memberikan apresiasinya dalam kegiatan yang digagas Kemenag tanjungpinang. AKP Edy mengatakan, kegiatan ini mempunyai momen yang sangat pas, mengingat saat sekarang ini sedang viral penyebaran video pembakaran yang diduga bendera HTI.

Kapolsek juga menjelaskan, bahwa kasus tersebut telah ditangani oleh pihak Kepolisian, dan saat ini sedang dalam proses pemanggilan bagi para ahli untuk dimintai keterangan.

“Saya sangat berharap mudah-mudahan tokoh agama dan tokoh masyarakat bisa menyampaikan pesan dari Kamtibmas dengan sejuk untuk bisa disampaikan ke masyarakat, termasuk menghadapi berita hoak agar terlebih dahulu disaring kejelasan dan sumbernya, semoga kita dapat melalui pesta demokrasi 2019 ini dengan aman dan damai,” harap Kapolsek Edy.

Dalam acara dialog ini berlangsung sangat hangat, materi dialog yang ditanyakan oleh tokoh agama kebanyakan tentang alur pendirian rumah ibadah dan kondisi Kamtibmas menjelang pemilu 2019. Pertanyaan dijawab secara bergantian oleh Kakan Kemenag, Camat dan Kapolsek Tanjungpinang Kota.

Kegiatan temu dan dialog tersebut akan digelar kembali pada awal November mendatang dengan mengundang tokoh agama dan tokoh masyarakat Kecamatan. Tanjungpinang Timur dan Kecamatan Bukit Bestari. (FM/Red)

Recommended For You

About the Author: admin01