Aula Jing Si Budha Tsu Chi Batam Diresmikan

BATAM- Walikota Batam, Muhammad Rudi meresmikan aula Jing Si Yayasan Budhi Tsu Chi perwakilan kantor Batam, Sabtu (18/8) di Taman Indah Blok III. Peresmian aula ditandai dengan penandatanganan prasasti oleh Rudi. Yayasan Budha Tsu Chi perwakilan Batam berdiri sejak tahun 2005, 17 Agustus 2018 usia yayasan ini di Kota Batam sudah 13 tahun.

Wakil Ketua Yayasan Budha Tsu Chi Batam, Sugianto Kusuma menyebut awal berdirinya kantor perwakilan di Batam dari kegiatan bakti sosial yang dilakukan. Ia mengatakan aktivitas Thu Chi terdiri dari empat misi yakni, misi amal, misi kesehatan, misi pendidikan dan misi budaya humanis.

“Ini baru permulaan Tsu Chi di Batam. Mari kita sama-sama berkontribusi bukan dari besar atau kecilnya tapi kebersamaan. Mari kita sama-sama bergotong royong membantu saudara kita dan ayo bersama-sama kita bergotong royong menjalankan Tsu Chi Batam,” katanya.

Ketua Kantor Tsu Chi Batam, Rudi Tan mengatakan di Batam Stu Chi telah melakukan bakti sosial kesehatan dengan melakukan operasi katarak, hernia, bibir sumbing serta benjolan. Bekerjasama dengan Rumah Sakit Budi Kemuliaan (RSBK) Kota Batam, Tsu Chi juga sudah melakukan kegiatan donor darah dari relawan Tsu Chi. Sampai saat ini jumlah pasien yang sudah dibantu pengobatan oleh Tsu Chi sebanyak 3.224 orang.

“Kami juga melakukan kegiatan aman biaya bantuan kesehatan. Dulu perwakilan antor Budha Tsu Chi di Batam menempati salah satu ruko di Windsor milik salah satu relawan. Kini kami sudah memiliki aula yang bangunannya tahan gempa 7,5 sr. Di bangunan ini juga terdapat dapur yang besar sehingga kami bisa menyiapkan seribu nasi bungkus untuk korban bencana,” jelasnya.

Kepala Kantor Kementrian Agama Kota Batam, Erizal Abdullah mengucapkan selamat atas diresmikannya Aula Jing Si. Harapannya ke depan Yayasan Budha Tsu Chi Indonesia perwakilan Batam dapat terus melakukan kegiatan sosial membantu masyarakat di Kota Batam. Ia juga mengapresiasi Tsu Chi yang memiliki relawan dari berbagai etnis dan agama.

Walikota Batam, Muhammad Rudi mengatakan Pemerintah Kota (Pemko) Batam mendukung kegiatan sosial yang dilakukan Budha Tsu Chi di Kota Batam. Terlebih masih ada sekitar 250 ribu jiwa masyarakat Kota Batam yang tergolong kurang mampu dan perlu mendapat perhatian dan bantuan.

“Sebaiknya manusia bermanfaat untuk orang lain, inilah Budha Tsu Chi. Jangan ada membedakan lagi, mari kita semua berbaur membangun Batam,” ajaknya.

Rudi menjelaskan saat ini Pemko Batam tengah melakukan pembangunan infrastruktur jalan. Bersama-sama dengan DPRD Kota Batam, juga akan dibuat Perda Rencana Detail Tata Ruang (RDTR) Kota Batam. Jika RDTR sudah disahkan menurutnya tidak ada lagi yang boleh merubah karena pembangunan Batam ke depan harus sesuai dengan RDTR yang ada. Rudi juga menyampaikan pada awal September 2018, Pemko akan membuka jalan di Simpang Kepri Mall untuk pembangunan drainase.

“Tahun depan baru dibangun jalan layang (fly over). Tahun ini kita buka untuk drainase dulu, kalau tidak mendesak dihimbau untuk tidak lewat di sana. Untuk menghindari macet,” pungkasnya.(HP)

Recommended For You

About the Author: admin01