Setneg Buat Video Kemeriahan Sambut Asian Games di Batam

BATAM– Rombongan Kementrian Sekretariat Negara RI membuat video menyambut pelaksanaan Asian Games 2018 bersama dengan jajaran pimpinan Pemerintah Kota Batam. Pengambilan gambar dilakukan di Dataran Engku Putri Batam Centre, Kamis (2/8).

Pelaksana Tugas Asisten Deputi Humas Kementrian Sekretariat Negara, Sri Prastiwi Utami mengatakan pihaknya juga sudah mengambil rekaman gambar antusiasme masyarakat Batam menyambut Asian Games yang akan dilaksanakan di Jakarta dan Palembang tersebut. Sebelum membuat video di Pemko Batam, rombongan yang berjumlah 50 orang itu melakukan dialog kehumasan dengan Sekretaris Daerah Kota Batam, Jefridin.

“Terimakasih karena Bapak beserta jajaran sudah menerima kami. Tujuan kami ke Kota Batam untuk melihat bagaimana pengelolaan dan pelayanan informasi. Melalui kunjungan ini diharapkan dapat menambah pengetahuan dan wawasan,” tutur Sri.

Menurut Sri, Batam dipilih karena banyak prestasi yang sudah dicapai dalam pelayanan publik baik melalui Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) maupun Media Center. Selama berada di Batam pihaknya juga menggelar Bimtek Komisi Informasi dengan narasumber dari Kehumasan.

Sekretaris Daerah Kota Batam, Jefridin mengucapkan terimakasih atas kunjungan rombongan Kementrian Sekretariat Negara.  Menurutnya ini suatu kehormatan karena memilih Batam sebagai tempat untuk menambah informasi terkait PPID dan Kehumasan.

“Kami tersanjung atas kunjungan bapak dan ibu. Batam mengandalkan jasa untuk meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD). Terimakasih sekali atas kunjungan ini karena ini membawa berkah bagi Batam,” kata dia.

Jefridin menjelaskan saat ini Kota Batam dalam tahap pembangunan infrastruktur jalan. Untuk pelayanan ke masyarakat, Pemko Batam sudah melaksanakan sesuai instruksi Presiden.

“Untuk pelayanan informasi kita sudah membuat layanan melalui Kominfo. Untuk layanan sudah tertata dengan rapi terutama bagi masyarakat yang ingin mengurus perizinan bisa di mal pelayanan publik (MPP) di mana kami sudah mengintegrasikan lebih dari 400 pelayanan,” sebutnya.

Kepala Dinas Kominfo Kota Batam, Salim menjelaskan bahwa PPID Kota Batam sudah terbentuk hingga tingkat kecamatan. Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemko Batam juga sudah memiliki situs jaringan (website) yang menjadi sumber informasi bagi masyarakat. Selain itu, PPID Kota Batam juga sudah terkoneksi dengan Kementrian Kominfo.

“Kami juga memiliki beberapa sumber informasi seperti Media Center dan ada juga layanan Apekesah. Kami juga selalu melakukan evaluasi dan monitoring untuk PPID,” jelasnya.

Sementara itu, Kabag Humas Pemko Batam, Yudi Admaji menjelaskan tugas humas adalah menyajikan informasi di lingkungan Pemko Batam, terutama agenda pimpinan. Penyajian informasi dilakukan melalui website Humas, media massa cetak, dan elektronik yang ada di Kota Batam.

“Kami di humas ada empat tim dan seluruhnya bertanggungjawab untuk menjalankan tugas kehumasannya mulai dari fotografer, kameramen, dan rilis. Kami juga sudah menjalin kerjasama dengan media di Batam baik cetak, elektronik maupun online. Kerjasama ini kami lakukan dengan media yang sudah terverifikasi oleh Dewan Pers,” papar Yudi. (MC)

Recommended For You

About the Author: admin01