Pangdam I Bukit Barisan Resmikan Batalyon Komposit I Gardapati

NATUNA – Pangdam I/Bukit Barisan, Mayjen TNI Ibnu Tri Widodo, S.I.P berkunjung ke Natuna dalam rangka peresmian Batalyon Komposit 1/Gardapati dan Alih Kodam Kompi C dan D Yonif Raider Khusus 136/Tuah Sakti, Senin (6/8), di desa Sepempang, Kecamatan Bunguran Timur Kabupaten Natuna.

Dalam laporannya, Pangdam menyampaikan bahwa Kodam I/Bukit Barisan sangat strategis yang meliputi 4 (empat) wilayah Provinsi, diantaranya Provinsi Sumatra Barat, Sumatra Utara, Provinsi Riau dan Provinsi Kepulauan Riau.

Selain itu, dikatakan Mayjen Ibnu, Natuna perlu adanya tambahan kekuatan dalam pengamanan nasional terhadap agresi dari luar.

“Dengan adanya tambahan kekuatan ini diharapkan dapat menangkal gangguan dari bangsa luar, terutama di wilayah Natuna,”kata Pangdam I/Bukit Barisan dalam sambutannya.

Dimana, Selat Malaka menurutnya perlu mendapat pengamanan secara khusus, melihat Selat Malaka merupakan jalur penting, sehingga upaya pihak asing untuk menyusup ke Indonesia itu lebih mudah, maka sangat diperlukan pengamanan khusus.

“Danyon harus bisa menjaga amanah dan ingat tugas adalah kehormatan, selain itu teruskan laksanakan latihan secara rutin dan profesional agar menjadi prajurit yang lebih baik,” pesannya pada Danyon Komposit 1/Gardapati dan anggota TNI lainnya.

“Selain itu, TNI harus menjaga sinergitas dan solidaritas bersama unsur pemerintah untuk melindungi kedaulatan NKRI,”ucapnya.

Peresmian ditandai dengan pergantian atribut lama ke baru termasuk baret lama ke baret baru serta penyerahan tongkat komando oleh Mayjen TNI Ibnu Tri Widodo, S.I.P kepada Danyon Letkol Inf. Ahma Daud Harahap.

Berikutnya, Mayjen TNI Ibnu Tri Widodo, S.I.P membuka Tunggul Batalyon, Kegiatan peresmian itu diikuti ratusan anggota TNI, dan di hadiri oleh Wakapolda Kepri, Wakil Bupati Natuna, Ngesti Yuni Surapti, Ketua DPRD Natuna, Yusripandi berserta anggota DPRD Natuna, unsur OPD dan FKPD Natuna. (Tim)

Recommended For You

About the Author: admin01